Profile SITD Darussunnah Yogyakarta


Dizaman ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta media informasi telah berkembang pesat ditengah ma-syarakat kita. Disatu sisi hal tersebut adalah patut kita syukuri dan merupakan hal yang positif jika kita pandai memanfaat-kannya untuk kebaikan dunia atau agama kita.
Namun disisi lain tidaklah dipungkiri bahwa hal tersebut telah banyak membawa peru-bahan yang mengarah kepada pengaruh negatif dan degradasi moral pada masya-rakat kaum muslimin umumnya dan geresai muda islam pada khususnya.
Sebagai salah satu solusi tentunya dibutuh-kan bimbingan, lingkungan, dan lembaga pendidikan islam yang kondusif dan bisa mendukung proses pendidikan untuk ter-bentuknya cikal bakal generasi rabbani dambaan umat yang berakhlaq mulia, serta beraqidah shohihah sesuai dengan pema-haman generasi salafus shaleh. 

Namun juga tidak ketinggalan dalam hal pengetahuan umum dan teknologi. Bekal ilmu yang memadai bagi para anak didik melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya.
Anak adalah investasi yang tak terhitung nilainya. Anak yang sholih akan menjadi sumber kebaikan yang tak terputus meski orng tua telah di alam kubur. Di dalam As Shahih diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda :
“Apabila seorang anak Adam meninggal, maka akan terputus amalannya kecuali tiga perkara : shadaqoh jariyah, atau ilmu yang bermanfaat, atau anak shalih yang mendoakan kepadanya”.
Untuk itu kami Yayasan Darussunnah Al=Islay yang telah berdiri sejak tahun 2008, pada tahun 2010 telah merintis Sekolah setingkat Sekolah Dasar yang memadukan kurikulum Diknas dan Kurikulum Pesantren dengan mengedapankan program Tahfidzul Qur’an.

Alhamdulillah memasuki tahun ke-8 kami akan kembali meluluskan kembali angkatan ke-2, yang sebelumnya telah meluluskan angkatan pertama dengan pencapaian lulus 100% pada Ujian yang diselenggarakan pemerintah.
Sekolah Islam Tingkat Dasar Darussunnah adalah sekolah Islam setingkat SD atau Madrasah Ibtidaiyah. SITD Darussunnah adalah Lembaga Pendidikan Islam yang bernaung di bawah Yayasan Darussunnah al Islamy Yogyakarta. Kehadirannya adalah sebagai wujud keprihatinan dan kepedulian kami terhadap hal tersebut diatas. 

Dengan menerapkan konsep pendidikan yang integral, yaitu; perpaduan antara kurikulum Pendidikan Nasional dan Diniyah (Ilmu Agama), menanamkan sikap ketelada-nan, leadership dan kemandirian diharap-kan dikemudian hari dapat menjadi bekal ilmu yang memadai bagi para anak didik untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. 

Kurikulum Pendidikan

 Pelajaran Diniyah:
Aqidah, Akhlaq, Fiqih, Hafalan Al-Qur'an, Hafalan Hadits, Hafalan Do'a dan Dzikir sehari-hari, Tajwid, Khat / Menulis Arab, Bahasa Arab, Sirah / Sejarah
 Pelajaran Umum:
Ø Materi Tematik untuk kelas I,II, dan III
Ø Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, KTK dan PenjasOrKes
Target Kurikulum:
Ø Berakhlaq mulia dan istiqamah diatas sunnah Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam
Ø Cinta kepada Islam dan Sunnah
Ø Beraqidah dengan aqidah yang benar
Ø Hafal al-Qur'an 10 juz
Ø Hafal hadits Arba'in
Ø Menguasai dasar dan kaidah bahasa arab, lisan dan tulisan
Ø Memahami ilmu sains dan penerapan teknologi
Staff Pengajar
Alumni Perguruan Tinggi Negeri & Swasta, juga Alumni Pondok Pesantren yang bermanhaj salaf yang insyaAllah berkompeten di bidangnya.

Keunggulan
 Berkomitmen dengan aqidah dan mahaj salaf
 Dibina langsung oleh para Ustadz Ahlussunnah Wal Jamaah
 Ruang kelas terpisah antara kelas A (Putra) dan kelas B (Putri)
 Mengembangkan Penilaian Multiple-Intelligences sehingga setiap ana bisa tergali potensinya
 Ruang kelas yang kondusif untuk belajar
 Halaman Bermain yang luas dan rapi

Syarat-Syarat Pendaftaran
1. Usia anak saat mendaftar minimal 6 tahun
2. Sehat, Berkelakuan baik dan mandiri
3. Tidak memiliki riwayat penyakit berat dan menular
4. Mengisi formulir pendaftaran
5. Menyerahkan copy akta kelahiran dan copy kartu keluarga
6. Membayar biaya pendaftaran Rp. 40.000

Alamat Sekolah
Sekolah Islam Tingkat Dasar Daarussunnah Al-Islamy
Jl. Wates km. 2,5
Gg. Trajumas, Sonosewu Yogyakarta
Telp/SMS/WA 0852 8382 4633
Biaya Pendidikan
1. Biaya Pembangunan Gedung
2. Biaya Sarana Sekolah
3. Biaya SPP Bulanan
4. Biaya Konsumsi (snack)
5. Biaya Buku Pelajaran
6. Biaya Seragam
7. Infaq Bulanan Sesuai Kemampuan
*Rincian biaya terlampir pada formulir pendaftaran




Komentar

Postingan populer dari blog ini